Telah Ditemukan Ibu Semua Sel Kulit

Serba-Serbi Sehat / 14 March 2010

Kalangan Sendiri

Telah Ditemukan Ibu Semua Sel Kulit

Puji Astuti Official Writer
4260

Para ilmuwan telah menemukan "ibu," atau asal-usul, dari semua sel-sel kulit dan mengatakan penemuan mereka bisa secara dramatis meningkatkan perawatan kulit untuk korban luka-luka serius dan luka bakar.

Hans Clevers dan tim peneliti Belanda dan Swedia melakukan penelitian pada tikus dan menemukan bahwa sel induk yang menghasilkan semua sel yang berbeda dari kulit pada folikel rambut.

Temuan ini, yang dapat digunakan oleh manusia, dan memanfaatkan sel induk ini untuk membantu memperbaiki luka atau transplantasi kulit untuk korban luka bakar, kata mereka dalam sebuah studi dalam jurnal ilmiah pada hari Kamis (11/3).

"Ini adalah ibu dari semua sel induk di kulit - itu membuat semua sel-sel induk lain," Clevers, dari Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences di Utrecht, kepada Reuters dalam sebuah wawancara telepon.

Kulit memiliki tiga populasi sel yang berbeda - folikel rambut, kelenjar pelembab sebasea, dan jaringan di antaranya, dikenal sebagai interfollicular epidermis. Sel-sel induk adalah sel asli, atau driver, dari mana semua sel manusia berkembang.

Para ilmuwan sebelumnya berpikir bahwa sel-sel induk di masing-masing dari ketiga populasi kulit mampu memproduksi tipe sel mereka sendiri, tapi sampai sekarang, seorang "ibu" sel induk yang memproduksi ketiga jenis belum ditemukan.

Tim Clevers menemukan bahwa sekelompok sel induk yang hidup di folikel rambut memiliki tingkat gen bernama Lgr6 yang merupakan sel induk epidermis.

Tes pada tikus dengan luka-luka, mereka menemukan bahwa sel-sel di sekitar Lrg6 luka melaju menumbuhkan kulit baru dan memperbaiki kulit.

Para ilmuwan sudah dapat menumbuhkan kulit baru di laboratorium dengan menggunakan jaringan dari sel-sel kulit yang sudah ada dari pasien yang mengalami luka bakar yang parah, tetapi kulit baru sering rapuh, kering dan tidak memiliki rambut - sehingga terlihat tidak biasa.

Clevers mengatakan keuntungan yang ditawarkan oleh "ibu" sel induk tersebut mereka bisa  menumbuhkan kulit seperti aslinya - yang memungkinkan untuk menjadi "kulit baru".

Saat ini para peneliti masih melakukan percobaan untuk mengisolasi sel Lrg6  dari kulit manusia. Hal ini membutuhkan 2 hingga 3 tahun lagi.

Sumber : Yahoo
Halaman :
1

Ikuti Kami